MENU

Saturday, September 18, 2021

Etika Saat Menjalin Networking Bisnis


Etika Saat Menjalin Networking Bisnis - Networking bisnis atau jaringan bisnis adalah gerak anda dalam menjalin relasi dengan beragam pihak untuk meningkatkan pertumbuhan membangun usaha. Networking dilakukan agar adanya komunikasi intes, yang baik untuk saling percaya antara satu pihak dengan pihak yang lain.


Etika Saat Menjalin Networking Bisnis

 

Mengapa memperluas networking itu penting, untuk saling membantu satu sama lain, membangun hubungan baik dengan sesama rekan kerja dan memungkinkan terjalinnya kesempatan yang lebih besar lagi.

 

Apalagi seorang pengusaha, menjalin networking merupakan sebuah kebutuhan. Siapa saja yang diajak untuk menjalin networking? Bisa supplier, reseller, kliwn, mentor, dropshipper, mitra, konsumen, dan lain sebagainya. Lebih luas jaringan bisnis justru semakin baik.

 

Namun, dalam menjalin networking bisnis ada etika yang harus dilakukan dengan baik. Tidak sekadar tukeran kartu nama, lalu udahan, lebih dari itu begini.

 

3 Langkah Etika dalam Menjalin Jaringan Bisnis

 

Berikut ini etika dalam menjalin networking bisnis agar sukses.

 

1. Ketika memutuskan masuk ke dalam komunitas bisnis, berikan kontribusi pada komunitas tersebut

 

Setiap wirausaha pasti ingin tergabung ke dalam komunitas bisnis, yang memiliki visi dan misi yang sama. Ketika sobat sudah join dan bergabung dengan komunitas bisnis dan menjalin relasi banyak, jangan lupa untuk berkontribusi juga pada komunitas yang dimasuki. Misalnya ada penggalangan dana untuk korban rob, banjir, dan bencana anda tidak segan untuk mengikuti dan berkontribusi.

 

2. Tahan diri jangan kepo dengan orang yang baru dikenal

 

Penasaran boleh-boleh saja, tapi sobat harus kenal lebih dekat dahulu siapa teman yang ditanya. Misalnya nih nanya omset dan profit kepada orang yang baru dikenal pada komunitas tersebut, orang cenderung akan merasa tidak nyaman dengan pertanyaan itu. Kecuali hubungannya sudah dekat, dia merasa nyaman dan terbuka. Meski tujuan yang dimaksud sobat adalah ingin belajar, dan memotivasi diri untuk lebih baik lagi. Namun bertanyalah di saat yang tepat, tahan diri dahulu.

 

3. Bersikap sedikit bicara lebih banyak mendengar

 

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis ketika menjalin jaringan bisnis adalah menceritakan bisnis tanpa diminta, nyerocos terus tanpa mendengarkan mimik lawan bicara. Apakah dia suka dengan sifat keterbukaan sobat, atau justru sebaliknya. Presentasi bisnis boleh-boleh aja, tapi lihat dahulu orang yang kita ajak membuka diri atau tidak?

 

Pernah mendengar kata-kata bijak manusia yang menang adalah manusia yang banyak mendengar? Kalau belum mulai terapkan untuk lawan bicara anta. Berikan lawanmu untuk berbicara lebih dahulu sampai selesai, baru giliranmu.

 

Bukan sekadar tukar kartu, ngajak kenalan, tapi sentuh dahulu sisi emosional lawanmu agar ia merasa nyaman. Lantas mulai tanyakan bisnis yang digeluti dan dengarkan dengan antusias baru bergantian.

 

Semoga artikel berjudul, 'Etika Saat Menjalin Networking Bisnis', dapat bermanfaat. Semangat mengembangkan bisnis dan mendapatkan omset miliaran. Aamiin.

 

No comments :

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bijak sesuai dengan topik pembahasan. Salam!

4 Cara Mengurangi Biaya Produksi atau HPP

4 Cara Mengurangi Biaya Produksi atau HPP - Biaya Produksi adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan atau pebisnis selama proses pengelolaa...