MENU

Monday, February 22, 2021

6 Hal yang Wajib Diketahui Saat Merintis Usaha


6 Hal yang Wajib Diketahui Saat Merintis Usaha - Dahulu saya berpikiran memulai usaha itu ya harus menggunakan modal yang besar, makanya selalu minder untuk memulai usaha. Tapi ternyata modal itu hanya sebagian syarat yang bukan utama, untuk merintis sebuah usaha. Meski dana terbatas, siapa pun bisa kok memulai berjualan. Asal! Dibarengi dengan niat, tekun, mau bekerja keras, dan juga pantang menyerah.




merintis usaha dari nol cara membuka usaha sendiri di rumah langkah awal memulai usaha cara memulai usaha kuliner




 

Banyak kan yang modalnya besar, tetapi berhenti di tengah jalan. Jadi untuk pemula yang mau berbisnis persiapkan mental, sedini mungkin. Mental pengusaha menjadi bagian yang paling penting, di garda depan untuk menaklukan tantangan di depan sana.

 

Dengan kata lain, mental pengusaha harus di bangun lebih dulu. Karena jualan itu nggak cuma ingin dapet uang, tapi lebih dari itu pemikiran jangka panjang. Setelah buka satu cabang misalnya, seorang pengusa yang punya mental bisnis pasti ingin membuka dicabang lainnya juga tidak hana di satu tempat.

 

Jangan mudah goyah dengan bisnis yang sedang dijalani, nggak laku eh udah nyerah. Tapi justru nggak laku itu harus menemukan peluang, kesempatan yang bahkan paling kecil sekalipun. Mau dikritik, dikomplain, lantas menyerah! Mental pengusaha nggak begitu, justru dengan komplain dan saran adalah sebuah jalan menuju usaha kita makin berkembang. Keluar dari zona nyaman, dan mau bangkit saat usaha diterpa masalah. Bukan pasrah. Oke?


 

Ini Dia 6 Hal yang Wajib Diketahui Saat Merintis Usaha

 

 


merintis usaha dari nol cara membuka usaha sendiri di rumah langkah awal memulai usaha cara memulai usaha kuliner




 

Mengapa Kamu Memilih Menjadi Pengusaha?

 

Sudahkah bertana ke diri sendiri perihal ini? Untuk membantu perekonomian keluarga, untuk tabungan, untuk mersiapkan masa depan, menyambung kehidupan setelah resign, dan lain sebagainya. Pastikan alasan tersebut kuat agar semangat berwirausahamu makin hebat.

 

Karena nanti di tengah jalan, saat bisnismu jauh dari ekspektasi kamu tidak gampang mundur. Tenang, wajae saja hal demikian. Karena mendapatkan hasil sempurna itu tidak langsung instan, ada proses bertahap yang harus dijalani.

 

 

Bisa Bertahankah Saya dengan Bisnis Ini?

 

Contoh gampangnya jualan online. Perkembangan teknologi semakin maju, jualan nggak cuma pasang harga dan produk doang. Ada tekniknya, ada juga menggunakan marketplace, apakah kamu sudah siap? Belum lagi keluarga, apalagi modal, dan masih banyak pertimbangan lainnya. Sudah siapkan keluar dari zona nyamanmu, yang setiap bulan mendapat gajian dari kantor?

 

Bisakah Tetap Berpikiran Positif Jika Ada Masalah?

 

Semasa jadi pekerja, jika ada masalah bisa minta tolong ke teman semeja atau ke atasan. Ada tim yang bisa membantu menangani. Tapi, jika kamu sudah mulai bergelut dengan wirausaha, jalan keluarnya ya harus kamu sendiri yang bisa mengatasi. Inilah pentingnya untuk berpikiran positif.

 

Apakah Mau Belajar Menguasai Pasar?

 

Berjualan apa pun itu, harus melihat target marketnya siapa? Pentingnya riset sebelum memulai usaha penting di lakukan. Mulailah dengan sistem reseller atau dropshiping, jika belum berani menggunakan modal sendiri untuk berjualan.Kenali dahulu kebutuhan pasar, dan minatmu di mana. Pilih supplier yang benar-benar memiliki kualitas produk bagus.

 

Misalnya begini. Target market adalah anak muda. Mereka biasanya punya smarthpone kan? Apa yang mereka butuh dari smarthphone yang mereka miliki? cashing misalnya, tempred glas, ring, dan lain sebagainya. Cari supplier yang menjual murah, tawarkan ke mereka, ciptakan keunggulan agar kamu bisa bersaing dengan pasar.

 

Sudahkah Modal dan Keuanganmu Aman?

 



merintis usaha dari nol cara membuka usaha sendiri di rumah langkah awal memulai usaha cara memulai usaha kuliner





Mulailah usaha yang sesuai dengan kemampuan, modalnya berapa? Apa yang bisa dijual dengan modal segitu, dan sudahkah produk tersebut diminati pasar agar perputaran uangnaya cepat. Perhitungkan baik-baik modal, dan siapkan juga dana darurat. Bisnis nggak selamanya untung, ada masa di mana kita rugi. Dari situ kita akan banyak belajar tentunya, saya pernah mengalami. Pengiriman gelas couple, 100 buah pecah semua. Harus dikirim ulang dengan barang yang sama, dan memastikan tidak kembali pecah. Saya rugi, tapi pelajaran berharga saya dapat dari sana. Rugi itu lenyap seketika, berganti berkah. Ada masanya kamu akan mengalami hal demikian.

 

Keuanganmu akan aman jika menggunakan aplikasi usaha yang tepat. Jaman sekarang semuanya serba canggih, nggak perlu kuatir lagi soal mengelola keuangan dalam penjualan. Ada Youtap, aplikasi dan platform sebagai solusi digital semua bisnis perusahaan, UMKM maupun yang sedang merintis usahanya.

 

Youtap bisa diinstal mudah di ponselmu, dan semua kebutuhan operasional usaha ada di situ. Kamu nggak perlu lagi mencatat manual yang bikin pegel tangan. Karena Youtap sudah menyiapkan laporan penjualan, anaslisa dengan tepa, bahkan mengevalusai dan membantumu mengembangkan langkah ke depan.

 

Sekarang jamannya menggunakan pembayaran non tunai, Youtap sudah mendukung demikian. Tunai dan non tunai bisa. Mau toko kelontong, warungan, retoran, kafe, dan lain sebagainya bisa menggunakan Youtap. LIhat saja visi Youtap, 'hadir di setiap usaha untuk membantu dan memberdayakan usaha untuk pencapaian yang terbaik'.

 

Mulailah Sekarang Juga!

 

Sudah yakin merintis usaha? Maka mulai sekrang juga. Lakukan promosi sebanyak-banyaknya, ciptakan inovasi untuk bersaing agar konsumen tak bosan. Sudah siap keluar dari zona nyaman? Sudah siap mendapatkan perubahan dalam hidup? Maka mulailah usahmu sekarang! Selamat, dan semoga sukses ya!

No comments :

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bijak sesuai dengan topik pembahasan. Salam!

6 Hal yang Wajib Diketahui Saat Merintis Usaha

6 Hal yang Wajib Diketahui Saat Merintis Usaha - Dahulu saya berpikiran memulai usaha itu ya harus menggunakan modal yang besar, makanya s...