MENU

Wednesday, September 23, 2020

Belajar Dari Sekawanan Semut Kecil

 

Belajar Dari Sekawanan Semut Kecil - Pernah melihat semut membawa makanan? Bahkan semut bisa mengangkat beban dengan berat 10 kali lipat, dari berat tubuhnya sendiri. Kenapa bisa semut sekuat itu? Karena ia percaya diri bisa mengangkat beban tersebut.



belajar dari semut dalam islam motivasi belajar dari semut caption tentang semut filosofi semut teks ulasan belajar dari semut filosofi semut dalam islam


 

Coba tengok ke diri kita? Sebesar masalah apapun yang kita hadapi, pernah membuat kita hampir menyerah dan putus asa. Iya nggak? Hehehe ... Bahkan di desa tempat saya tinggal, ada yang sampai stress bertahun-tehun karena kalah dalam memperebutkan hati wanita.

 

Allah berfirman:

 

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah 5-6).

 

Maka perayalah kepada Allah, setiap ujian yang Allah sedang berikan kuncinya adalah sabar. Allah akan memberikan kemudahan, dari setiap kesulitan yang diberikannya. Semisal usaha yang kamu jalankan menemui jalan buntu dan bangkrut. Jangan sampai menyerah, jalani dan tetap lanjutkan hidup. Ganti usaha lain dan gali terus potensi usahamu, suatau saat akan menemukan kecocokan yang nantinya akan membawamu pada kesuksessan.

 

 

Semut Memiliki Etos Kerja Luar Biasa

 

 

 

Di belahan bumi manapun, ketika ada semut yang menggotong makanan pasti ia tidak sendirian. Saya pernah tinggal di Hongkong, dan melihat semut membawa makanannya dengan bekerjasama. Di  Indonesia pun demikian, jadi mau dimanapun tempat dan negaranya semut akan selalu mengerahkan kawanannya bersama-sama dalam mengangkat beban.

 

Bagaimana semut berkomunikasi? Salah satu diantara mereka apabila menemukan makanan, semut ini akan berkomunikasi menggunakan antenanya. Harusnya ia menyimpan makanannya sendiri bukan? Tetapi inilah semut. Ia belajar tidak egois. Semut juga memiliki falsafah hidup, bahwa hidupnya harus berguna bagi sesama. Apakabar kita yang dibekali dengan kesempurnaan? Maka kita wajib punya etos kerja lebih besar dari seeikor semut. Yang mana semut adalah binatang yang kecil.

 


belajar dari semut dalam islam motivasi belajar dari semut caption tentang semut filosofi semut teks ulasan belajar dari semut filosofi semut dalam islam



 

Gajah yang Besar Takut Kepada Semut yang Kecil

 

 

Dr. Todd Palmer, Kepala Pusat Riset Mpala Kenya dan Universitas Florida pada saat itu menemukan fakta, bahwa gajah takut dengan semut. Karena semut berhasil menakuti gajah dengan masuk ke belalai mereka yang sensitif, padahal belalai gajah sangat kuat. Hal ini dilihat dari temuan berupa sekawanan semut, berhasil menduduki tanaman guna mencegah terinjak oleh gajah.

 

Sementara menurut Dailymail, "Semut turut memengaruhi ekosistem karena semut yang masing-masing memiliki berat 5 mg tersebut, membuat pohon terlindungi dari binatang berukuran setengah miliar kali lebih berat. Semut saja hewan berukuran kecil bisa memengaruhi dunia, apalagi hal kecil yang kita lakukan?

 

Sebagai manusia yang diberikan akal dan pikiran, jangan pernah menganggap sebelah mata dirimu. Kamu akan lebih hebat dan dashyat dengan kepercayaan diri  yang kamu miliki, bahwa setiap masalah yang mengganggu sudah disiapkan solusi terbaiknya. Salam!

 

No comments :

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bijak sesuai dengan topik pembahasan. Salam!

Memulai Usaha dari Titik Terendah Apakah Bisa?

Memulai Usaha dari Titik Terendah Apakah Bisa - Pernah kah kamu mengalami momen, di mana kamu melihat seseorang yang sukses dalam kariern...